SD Negeri 02 Nanga Merkak

Transformasi Inspiratif 

Berada di daerah 3T dengan tantangan besar: akses sulit, minat baca rendah, dan hasil belajar belum optimal

TANTANGAN

Guru-guru cenderung masih menggunakan metode pembelajaran konvensional yang masih terpusat pada guru dan kurang melibatkan siswa secara aktif. Minat baca siswa rendah, dan hasil belajar siswa pun belum optimal

SD Negeri 02 Nanga Merkak terpilih sebagai Sekolah Penggerak

Tahun 2021

Memulai hari dengan lagu kebangsaan, Pancasila, dan operasi semut

Langkah 1 : Pengembangan Budaya Sekolah

Jalur Penerbangan

Setiap pagi, siswa memulai hari dengan menyanyikan lagu kebangsaan, mengucapkan Pancasila, dan kegiatan bersih-bersih untuk menumbuhkan rasa cinta lingkungan

Pelatihan untuk pembelajaran inovatif dengan teknologi sederhana

Langkah 2 : Peningkatan Kompetensi Guru

Guru-guru diberikan pelatihan intensif untuk mengembangkan metode pembelajaran yang aktif dan inovatif, memanfaatkan teknologi sederhana seperti PowerPoint dan video pembelajaran

Kurikulum berbasis lokal, menggunakan bahasa daerah

Langkah 3 : Penerapan Kurikulum Merdeka

Kurikulum Merdeka memungkinkan sekolah untuk menyesuaikan pembelajaran dengan kebutuhan lokal, termasuk menggunakan bahasa daerah dalam materi pembelajaran

Menggunakan Bahasa Daerah

Menggunakan  Bahasa Indonesia

Meningkatkan minat baca dan kemampuan berhitung melalui lomba

Langkah 4 : Penguatan  Literasi dan Numerasi

Sekolah melaksanakan berbagai program literasi dan numerasi, termasuk lomba menulis, membaca bersama, dan olimpiade matematika antar kelas

Langkah 5 :

Pembentukan Karakter

Diskusi kelompok, permainan edukatif, dan kegiatan sosial." Visual: Siswa dalam kelompok diskusi, bermain, dan membersihkan lingkungan

● Peningkatan Hasil Belajar ● Peningkatan Karakter ● Perubahan Sikap Guru ● Partisipasi Aktif Masyaraka 

Hasil

Keterbatasan bukan hambatan. Pendidikan membuka masa depan cerah

Penutup

Mencetak generasi cerdas, mandiri, dan berakhlak mulia

— Visi Masa Depan  SD Negeri 02 Nanga Merkak —